Tips Menghindari Pencurian PIN & Kejahatan Skimmer

Tips Menghindari Pencurian PIN & Kejahatan Skimmer

Postby ganjar_wae » January 25th, 2010, 5:16 pm

Akhir² ini lagi marak istilah skimmer, apa sih?

Skimmer atau ATM Skimmer, merupakan alat pencuri data nasabah yang dipasang di mulut ATM, alat ini akan menyalin data si korban jika ia memasukan kartu ATM melalui skimmer ini, setelah itu maka si penjahat yang menempatakn Skimmer pada lobang ATM akan memiliki data nasabah pemilik ATM.
Biasanya modus operandi kejahatan ini diduetkan dengan Spycam atau kamera CCTV yg dipasang mengarah pada keyboard mesin ATM & layarnya.

Berikut ini tip melindungi ATM dari Skimer dan pencurian PIN oleh Spycam:

A. Mengenali bentuk Skimmer dan warnanya:
1. Kenali bentuk skimmer, silahkan gambar & cara kerjanya di googling sendiri.
2. Skimmer, di buat oleh bahan dasar gypsum:

“Tapi, sebenarnya gampang dikenali. Warnanya pasti sedikit beda dengan badan ATM. Sering kali juga retak karena diimpor dari Amerika biasanya retak selama di perjalanan karena dibuat dari gipsum,” ujar Ruby. (Kompas.com)

Intinya betapapun “menyatu” skimmer ini, namun ada beberapa hal yang dapat dijadikan pegangan:
Oleng dan mudah lepas, di lem, di plester dan terbuat dari bahan Gypsum sehingga mudah skimmer retak

B. Tips lebih lanjut hindari skimming:
1. Amati bentuk mesin ATM dan lihat hal-hal yang mencurigakan
2. Sedapat mungkin anda melakukan ATM di tempat yang sama, sehingga jika ada perubahan bentuk, dapat anda kenali
3. Perhatikan bila ada hal aneh pada mesin ATM seperti goresan, bercak, selotip, bekas lem dan hal-hal mencurigakan lainnya.
4. Laporkan jika ada perubahan yang anda rasa ganjil kepada pihak Bank dan batalkan untuk melakukan transaksi
5. Upayakan untuk mengakses ATM yang ada di dalam bank atau di lokasi yang ramai dan terang untuk meminimalisir risiko.
6. Untuk penggunaan kartu di luar ATM (pada tempat belanja atau restoran) selalu perhatikan apa yang dilakukan petugas pada kartu dan tanyakan jika ada perilaku yang aneh.
7. Jika digunakan saat berbelanja, kartu harusnya hanya digesekkan pada mesin resmi dan mesin kasir, tanyakan pada petugas bila menggesekkan kartu ke alat lain (terutama jika alat itu ada di tempat tersembunyi seperti di balik meja).
8. Jangan gunakan mesin ATM yang berlokasi di tempat sepi

C. Tips menghindari pencurian PIN ATM oleh Spycam atau kamera pengintai:
1. Lindungi kerahasian PIN ATM anda dengan menutupi dengan tangan ketika memasukkan PIN sehingga PIN tidak terlihat orang lain atau spycapm / kamera tersembunyi yang ditujukan untuk merekam gerakan jari saat memasukkan PIN.
2. Jangan mudah percaya dengan bantuan orang lain di sekitar ATM atau orang yang mengaku petugas ATM.
3. Segera blokir kartu ATM bila menemukan kejanggalan transaksi (hubungi pihak Bank).

*Disarikan dari http://rumahabi.info
ganjar_wae
Moderator
 
Posts: 11
Joined: January 12th, 2010, 3:27 pm

Re: Tips Menghindari Pencurian PIN & Kejahatan Skimmer

Postby Citra_tdz » January 25th, 2010, 9:54 pm

kyk nya d atm dah ada cctv milik bank deh, kok bs ya kecolongan orng pasang skimmer. pnasaran bntuk nya jg, bsk deh br googling lwat kompi..
User avatar
Citra_tdz
Rada Gaul
 
Posts: 108
Joined: January 6th, 2010, 11:31 am
Location: Pontianak

Re: Tips Menghindari Pencurian PIN & Kejahatan Skimmer

Postby Esant84 » January 26th, 2010, 8:17 am

kekny tips yg paling aman mendingn nabungny pake celengan ayam aja deh...
Silahkan Klik : SIEMENS_videos Download

C25/55/75_S25/35i/55/65_SL45i_ME45_M55/65_SL65_CX65/75_M75 volcano_S75 zirconia_katie_cromium

#BF-510 bluetech #IMS700
*SGH-i780 Marvell PXA310 624Mhz Winmo 6.1 Pro

Menuju Hidup Baru...
17 Jan '10 / 1 Safar 1431H
User avatar
Esant84
Rada Gaul
 
Posts: 466
Joined: November 21st, 2009, 11:13 am
Location: Jogja-Pulojahe-Jakarta

Re: Tips Menghindari Pencurian PIN & Kejahatan Skimmer

Postby ganjar_wae » January 26th, 2010, 10:02 am

Citra_tdz wrote:kyk nya d atm dah ada cctv milik bank deh, kok bs ya kecolongan orng pasang skimmer. pnasaran bntuk nya jg, bsk deh br googling lwat kompi..


CCTV yang resmi memang milik Bank, arahnya menyorot ke orangnya & dapat dilihat dengan jelas, karena fungsinya kan untuk memantau area di ATM. Sedang CCTV dari si penjahat tentunya tersembunyi atau disamarkan, arahnya tentunya menyorot ke keypad ATM, jelas gunanya buat melihat/mencuri PIN yang diinputkan.

Untuk dapat mengakses ATM data yang dibutuhkan adalah data yang disimpan di magnet kartu & data PIN, makanya diperlukan alat Skimmer & CCTV (Spycam).
ganjar_wae
Moderator
 
Posts: 11
Joined: January 12th, 2010, 3:27 pm

Re: Tips Menghindari Pencurian PIN & Kejahatan Skimmer

Postby CX75 » January 26th, 2010, 11:06 am

CCTV? Real CCTV or dummy? soalnya sebagian CCTV pas kejadian ternyata "rusak" (misal temenku pas kehilangan laptop, pas CCTV TKP ngadat. pas mami gw kehilangan 2 jt, CCTV-nya juga ngadat/ prosedur berbelit :( )
CX75
 

Re: Tips Menghindari Pencurian PIN & Kejahatan Skimmer

Postby ganjar_wae » January 26th, 2010, 12:47 pm

Esant84 wrote:kekny tips yg paling aman mendingn nabungny pake celengan ayam aja deh...

hehehe... tetep yang paling aman ya menabung amal kebaikan mas, dijamin deh nggak usah pakai lembaga penjamin simpanan segala sudah tentu pahala dilipatgandakan :D
ganjar_wae
Moderator
 
Posts: 11
Joined: January 12th, 2010, 3:27 pm

Re: Tips Menghindari Pencurian PIN & Kejahatan Skimmer

Postby CX75 » January 26th, 2010, 1:15 pm

ganjar_wae wrote:
Esant84 wrote:kekny tips yg paling aman mendingn nabungny pake celengan ayam aja deh...

hehehe... tetep yang paling aman ya menabung amal kebaikan mas, dijamin deh nggak usah pakai lembaga penjamin simpanan segala sudah tentu pahala dilipatgandakan :D


tapi gak aman dari maling + bencana alam spt banjir & kebakaran :p
CX75
 

Re: Tips Menghindari Pencurian PIN & Kejahatan Skimmer

Postby ganjar_wae » January 26th, 2010, 1:21 pm

CX75 wrote:CCTV? Real CCTV or dummy? soalnya sebagian CCTV pas kejadian ternyata "rusak" (misal temenku pas kehilangan laptop, pas CCTV TKP ngadat. pas mami gw kehilangan 2 jt, CCTV-nya juga ngadat/ prosedur berbelit :( )


CCTV resmi dari pihak Bank atau CCTV (lebih tepatnya Spycam) punya si penjahat? Kalau yang dari pihak Bank ya tanyakan saja ke pihak yang bersangkutan, tapi kalau Spycam yang dimaksudkan untuk tindak kejahatan masak mau pakai yang dummy mas... yo ora lucu to? :D
ganjar_wae
Moderator
 
Posts: 11
Joined: January 12th, 2010, 3:27 pm

Re: Tips Menghindari Pencurian PIN & Kejahatan Skimmer

Postby ganjar_wae » January 26th, 2010, 1:36 pm

CX75 wrote:
ganjar_wae wrote:
Esant84 wrote:kekny tips yg paling aman mendingn nabungny pake celengan ayam aja deh...

hehehe... tetep yang paling aman ya menabung amal kebaikan mas, dijamin deh nggak usah pakai lembaga penjamin simpanan segala sudah tentu pahala dilipatgandakan :D


tapi gak aman dari maling + bencana alam spt banjir & kebakaran :p

tergantung malingnya spesialis apa dulu mas, kalau maling spesialis ayam ya celengannya aman tapi kalau yang dicari malingnya itu celengan ya ayamnya aman dong =))
hus... ono² wae
ganjar_wae
Moderator
 
Posts: 11
Joined: January 12th, 2010, 3:27 pm

Re: Tips Menghindari Pencurian PIN & Kejahatan Skimmer

Postby gandalf » January 26th, 2010, 2:01 pm

ganjar_wae wrote:
Citra_tdz wrote:kyk nya d atm dah ada cctv milik bank deh, kok bs ya kecolongan orng pasang skimmer. pnasaran bntuk nya jg, bsk deh br googling lwat kompi..


CCTV yang resmi memang milik Bank, arahnya menyorot ke orangnya & dapat dilihat dengan jelas, karena fungsinya kan untuk memantau area di ATM. Sedang CCTV dari si penjahat tentunya tersembunyi atau disamarkan, arahnya tentunya menyorot ke keypad ATM, jelas gunanya buat melihat/mencuri PIN yang diinputkan.

Untuk dapat mengakses ATM data yang dibutuhkan adalah data yang disimpan di magnet kartu & data PIN, makanya diperlukan alat Skimmer & CCTV (Spycam).


maksudnya bgini, jadi ketika cctv resmi harusny merekam aktivitas orang bertransaksi lewat atm, nah, ketka oknum memodifikasi ATM untuk melakukan skimming, memasang spycam dll, (memasang2 alat tsb butuh waktu juga krn harus mbongkar ATM) dan hal itu sharusnya terdetek hal mencurigakan di cctv resmi. nah yg sy curiga, cctv resmi hanya dibuat pajangan aja?? atau ga pernah di putar ulang oleh pihak bank nya

paling aman menurut saya ya bertransaksi dg online memakai key spt keybca, dan onlinenya di komputer pribadi.
Image
User avatar
gandalf
Rada Gaul
 
Posts: 658
Joined: November 16th, 2009, 8:40 pm
Location: Surabaya

Next

Return to Info Publik

cron