Belajar membaca

Belajar membaca

Postby mBenQ » November 25th, 2010, 11:04 am

Aduh susahnya jadi orangtua :D
XPers tolong dunk. Ni si kecil susah sekali diajarin membaca. Bukan gak mau belajar, tapi susah belajar membaca. :(
Case I
(dieja) D - A = DA, dia bisa
(dieja) D - I = DI, dia juga bisa
(digandeng) DA - DI = dia bengong
setelah diberitahu jawabannya dia bisa.
Case II
(dieja) D - I = DI, dia bisa
(dieja) D - A = DA, dia juga bisa
(digandeng) DI - DA = dia bengong lagi
setelah diberitahu jawabannya dia bisa.
coba balik ke case I dianya udah gak bisa lagi
Udah gitu kalo lama gak bisa2, jawabannya jadi ngaco.
D - I = DO :-/ :evil:
Capek deh... :-/

Harus bagaimana donk?
Cewek 5th, baru kelas TK NOL kecil
:( :-/ :bingung: :-S
HANYA DISINI
layanan setara original, aman, bergaransi, murah

TRULLY 24x7 SUPPORT
User avatar
mBenQ
Rada Gaul
 
Posts: 464
Joined: November 23rd, 2009, 7:40 pm

Re: Belajar membaca

Postby threepong » November 25th, 2010, 11:39 am

apa ini yg dinamakan disleksia yach (semoga saya salah).... agak susah kalo merangkai huruf2 , yang sabar bro perkembangan anak satu sama laen beda2 kok abang gw aja telat kok buat bisa baca ...
coba baca2 artikel tentang disleksia spt ini semoga membantu :)
http://bundazone.com/prilaku-bermasalah ... pada-anak/
Image
User avatar
threepong
Rada Gaul
 
Posts: 452
Joined: November 17th, 2009, 12:24 pm

Re: Belajar membaca

Postby gandalf » November 25th, 2010, 12:33 pm

smoga bisa bantu :

coba dilatih 1 kata berulang dulu misal DADA scr berulang ulang (1 konsonan "D" 1 VOKAL "A")

(dieja) D - A = DA, dia bisa
(dieja) D - A = DA, dia juga bisa
tetep di eja : "De" "A"= Da, "De "A" Da = DADA

Kalo DADA sukses, coba ganti DIDI, MAMA-PAPA, TATA,

Setelah sukses, coba kata BUKU , SAMA, KATA, TOKO, DUKU, (lafal mirip tapi udah 2 konsonan beda, tetap 1 VOKAL )

kalo masih ksulitan coba diajari A I U E O diulang2

kmudian dibelajari : BA-BI-BU-BE-BO, CA-CI-CU-CE-CO, DA-DI-DU-DE-DO, FA-FI-FU-FE-FO dst.

mblajarinnya sambil kita nunjuk kata, ga usah dieja (dia suruh di nirukan langsung per kata yg kita ucapkan) misal nunjuk BA sambil kita omong "BA" dan anak suruh niruin BA, kita nunjuk BI sambil kita omong BI dan anak suruh niruin BI dst sampe "BO" terus anak suruh ulang dari awal BA BI BU BE BO (smoga anak cepet hafal dg cara ini)



intinya tetep sabar ya bro.
Last edited by gandalf on November 25th, 2010, 8:17 pm, edited 1 time in total.
Image
User avatar
gandalf
Rada Gaul
 
Posts: 660
Joined: November 16th, 2009, 8:40 pm
Location: Surabaya

Re: Belajar membaca

Postby kokakokbrut » November 25th, 2010, 7:41 pm

pengalaman ngajarin baca sambil nyuapin ponakan :

season 1
(dieja) eB-U = bu
(dieja) eD-I = di
dibaca = NGACO
-kasih 1 suapan

season 2
(dieja) eB-U = BU <<<< kudi inget suaranya BU
(dieja) eD-I = DI <<< kudu inget suaranya DI
dibaca = NGACO
-ga di kasih suapan makanan, meski dah nangis nangis tapi ini hukumannya karena baca nya ngaco mulu.

season 3
(dieja) eB-U = BU
(dieja) eD-I = DI
dibaca = BUDI
-dikasih makan sepiring.

klo ntar dibacanya jadi BUDI_XP gmn yah :))
HIDUP PERSIB
HIDUP VIKING
User avatar
kokakokbrut
VIP Member
 
Posts: 1805
Joined: November 21st, 2009, 3:33 pm
Location: Bandung <-> Ciamis

Re: Belajar membaca

Postby ilham » November 25th, 2010, 8:40 pm

^^^ =)) =)) =))
■M55 ■CT65@SL65(EP2.3 32bit+BM+SieJC) ■CX75(CPU208MHz,RAM5MB,EP2.3 32bit+BM+SieJC) ■M75
■MA-8720P ■MA-8730P ■HHS-550 ■IFL-600

Bersama Siemens®, dunia dalam genggaman! (Powered by ELFs) :)
Siemens-XP's WAPsite: http://siemensxp.com/wap
User avatar
ilham
Site Admin
 
Posts: 3037
Joined: December 29th, 2009, 1:22 am
Location: Tangerang

Re: Belajar membaca

Postby Budi_XP » December 10th, 2010, 6:35 pm

kokakokbrut wrote:pengalaman ngajarin baca sambil nyuapin ponakan :

season 1
(dieja) eB-U = bu
(dieja) eD-I = di
dibaca = NGACO
-kasih 1 suapan

season 2
(dieja) eB-U = BU <<<< kudi inget suaranya BU
(dieja) eD-I = DI <<< kudu inget suaranya DI
dibaca = NGACO
-ga di kasih suapan makanan, meski dah nangis nangis tapi ini hukumannya karena baca nya ngaco mulu.

season 3
(dieja) eB-U = BU
(dieja) eD-I = DI
dibaca = BUDI
-dikasih makan sepiring.

klo ntar dibacanya jadi BUDI_XP gmn yah :))


Bah :( jadi korban, tapi gak apalah demi memajukan pendidikan :)) Hidup Education =D> =D> =D> =D>
A35,A50,A55,A65,A75,C35,C45,C55,C65,CX65,CX70,C75,CX75,M35,ME45,ME45(Funky Orange)(Bogner),M55,M65(4),M65 Rescue,ME75(3),M75(2),S35,S45,Sl45(5)Sl42,S65(2),SX1(8),SX66,SXG75(2),S75(BW,BL)SK65, SK6R(2),SX45,SX56,Siemens PLT830,Motorola E1000
DOPOD 818Pro
User avatar
Budi_XP
Gaul
 
Posts: 1211
Joined: December 2nd, 2009, 6:40 pm
Location: BARLINGMASCAKEB

Re: Belajar membaca

Postby kokakokbrut » December 10th, 2010, 7:57 pm

masa guru bahasa indonesia ga bisa ngajarin baca :))
piss ah mas bud :D
HIDUP PERSIB
HIDUP VIKING
User avatar
kokakokbrut
VIP Member
 
Posts: 1805
Joined: November 21st, 2009, 3:33 pm
Location: Bandung <-> Ciamis

Re: Belajar membaca

Postby TUFF Stough » December 11th, 2010, 10:11 am

Kalo lihat sistem pendidikan kita era sekarang suka bikin ortu senewen. Belum masuk SD aja sudah harus bisa baca-tulis dan hitung2an dasar. Di kelas 1 SD sudah gak ada lagi INI IBU BUDI, tapi melainkan langsung baca kalimat dan paragraf, harus bisa mengenali awalan, akhiran, dan kata dasar. Semester 2 sudah mulai hitung2an perkalian dan pembagian. IPA, IPS, Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, ilmu komunikasi (komputer) sudah diajarkan sejak semester 1.

Buku pelajarannya pun tebal2 dan berukuran besar dengan ukuran font kecil2. Alhasil setiap hari anak saya harus bawa tas >5kg! :(

Belum lagi sekarang anak saya sedang ujian semester akhir (kelas 1 SD!). Bayangkan betapa senewennya bini di rumah dalam menyuruh anak saya untuk belajar.
TUFF Stough
VIP Member
 
Posts: 637
Joined: December 4th, 2009, 6:11 pm

Re: Belajar membaca

Postby gandalf » December 11th, 2010, 10:58 am

TUFF Stough wrote:Kalo lihat sistem pendidikan kita era sekarang suka bikin ortu senewen. Belum masuk SD aja sudah harus bisa baca-tulis dan hitung2an dasar. Di kelas 1 SD sudah gak ada lagi INI IBU BUDI, tapi melainkan langsung baca kalimat dan paragraf, harus bisa mengenali awalan, akhiran, dan kata dasar. Semester 2 sudah mulai hitung2an perkalian dan pembagian. IPA, IPS, Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, ilmu komunikasi (komputer) sudah diajarkan sejak semester 1.

Buku pelajarannya pun tebal2 dan berukuran besar dengan ukuran font kecil2. Alhasil setiap hari anak saya harus bawa tas >5kg! :(

Belum lagi sekarang anak saya sedang ujian semester akhir (kelas 1 SD!). Bayangkan betapa senewennya bini di rumah dalam menyuruh anak saya untuk belajar.


kasihan memang anak2 jaman skrg isinya belajar belajar dan belajar,,waktu bermain pun jd kurang. tapi memang persaingan global menuntut demikian #:-S #:-S
Image
User avatar
gandalf
Rada Gaul
 
Posts: 660
Joined: November 16th, 2009, 8:40 pm
Location: Surabaya

Re: Belajar membaca

Postby TUFF Stough » December 11th, 2010, 11:27 am

Makanya anak saya gak ditambah2in dengan les lagi. Soalnya untuk belajar biasa aja udah cape banget. Umur segitu khan lagi getol2nya maen.

Gak ngerti deh gimana ngaturnya kalo adeknya sudah mulai sekolah juga.
TUFF Stough
VIP Member
 
Posts: 637
Joined: December 4th, 2009, 6:11 pm

Next

Return to Waroeng Podjok

cron