TIPS : Cara Menyelamatkan Hape Yang Terendam AIR

TIPS : Cara Menyelamatkan Hape Yang Terendam AIR

Postby gandalf » July 23rd, 2011, 4:36 pm

dapet dari forum sbelah

Tips menyelamatkan hp yg kejebur air

1. Segera cabut baterai ponsel Anda, dan jangan pernah menyalakan ponsel ketika masih basah karena bisa menyebab terjadinya korslet sehingga bisa rusaknya komponen ponsel Anda.
Quote:
2. Ambil kain yg kering untuk mengeringkan ponsel Anda, jangan lupa buka casingnya dan keringkan layar serta tombol ponsel menggunakan kain kering tsb.
Quote:
3. Ambil (kalau tidak punya, usahakan pinjam ke tetangga atau teman) hair dryer atau kipas angin (sekitar 15-30 menit) untuk membantu mengeringkan ponsel. Ingat berilah jarak antara hair dryer dengan komponen ponsel, jangan terlalu dekat (kira-kira 15-30cm) karena bisa mempengaruhi komponen IC. Kalau tidak ada hair dryer, bisa juga menjemur ponsel Anda di siang hari agar ponsel benar-benar kering, tetapi harus dipisahkan antara baterai dengan ponsel Anda.
Quote:
4. Bila ponsel Anda telah benar2 kering, selanjutnya pasang kembali baterai ponsel, dan coba nyalakan. Kalau Anda melihat cahaya dari keypad ponsel Anda (bukan dari layar), ini adalah pertanda baik. Karena berarti ponsel Anda masih bisa dipakai.
Quote:
5. Cobalah menekan nomor telepon seperti biasa, walaupun kondisi layar masih dalam keadaan gelap. Kalau ada nada panggilan, itu artinya layar Anda akan kembali normal suatu saat nanti.



tips lain :
direndem dalam gentong beras efektif juga....

karena secara logika masuk akal

pertama preteli hp perbagian kuarin bateri casing ampe jadi bagian terkecil yang bisa diibongkar tanpa obeng
serbuk2 beras yang sangat halus masuk ke komponen hp yang basah dan menyerapnya secara tuntas,,,setelah diserap dann kering tinggal ditiup aja agar debu/serbuk kluar


1.. lepas batre (krn pas kecebur hp ane langsung mati)
2. jangan di nyalakan!!(walau abis kecebur)
3. pas ane lepas.. lap2in dlu
4. trus ane ke tukang tambel ban
5. semprot pake yg buat isi ban/bersihi karburator (kasih jarak ya gan)
trus sampe rumah
ane beli plastik Es
6. masukin HP casing dkk yang kecebur dalam plastik
7. masukin juga Silica gell (berhubung ane fotografer pasti pake dalem tas tugasnya untuk menyerap air/kelembapan untuk peralatan kamera harganya murah kok 5-10rb)
8. kasih udara dalam plastik lalu iket
9. di jemur di matahari

Logikanya gini
di semprot td untuk mengeluarkan air yg banyak dalam HP
dan taraf selanjutnya :
kan klo dalam plastik yg di iket sirkulasi udara ga ada.. jd pas di jemur uap air yang keluar di sedot oleh silica gell.. jd pengeringan lebih efektif...
ini ane coba dan berhasil .. tp tanpa kerusakan apapun.. dan sekarang masih aktif << GOKIL!!


kalo ane pernah pas buang sampah di WC SPBU tiba2 hape ane nyebur tuh ke wese yang ada kuning2nya,, (aduh sial)

1. langsung ane cabut batrenya,
2. trus ane cuci tuh hape pake sabun,, berkali2 ane cuci biar nggak ada T*I yang tersisa..
3. nyampe rumah langsung tuh hape ane pretelin ampe dalemannya ikut dibongkar,
4. trus ane panasin oven 50derajat 15 menit.
6.trus masukin hapenya pake suhu 40 derajat selama 20 menit,,
5. selesai itu ane pasangin lagi semua part-nya, idupin deh,,

alhamdulillah masih bisa idup, cara ini ane pake 2 kali di hape yang sama (kejadian satu lagi keujanan, awalnya nggak bisa nyala tapi nyala lagi setelah pake cara itu)

ane berani nyuci karna ane tau yang menyebabkan kerusakan itu listrik, jadi kalo batrenya dicabut, no problem (processor aja pake air buat ngedinginin pas proses pembuatannya.)
Image
User avatar
gandalf
Rada Gaul
 
Posts: 660
Joined: November 16th, 2009, 8:40 pm
Location: Surabaya

Re: TIPS : Cara Menyelamatkan Hape Yang Terendam AIR

Postby ilham » July 23rd, 2011, 5:42 pm

Banyak masukan ni, thanks Mas.
User avatar
ilham
Site Admin
 
Posts: 3036
Joined: December 29th, 2009, 1:22 am
Location: Tangerang

Re: TIPS : Cara Menyelamatkan Hape Yang Terendam AIR

Postby gandalf » July 23rd, 2011, 6:22 pm

tapi yg kena air laut kayaknya bakal susah di selamatkan. air laut mengandung alkali tinggi yg menyebabkan korosi . bukan bgitu ?
Image
User avatar
gandalf
Rada Gaul
 
Posts: 660
Joined: November 16th, 2009, 8:40 pm
Location: Surabaya

Re: TIPS : Cara Menyelamatkan Hape Yang Terendam AIR

Postby Joy » July 23rd, 2011, 7:05 pm

Intinya sewaktu basah jangan sampai ada listrik mengalir, ntar konslet.
Sekali2 klo memang sangat perlu, board gak papa dicuci (seperti kasus yang terakhir, kena 'kuning2, wakaka), tapi harus benar2 kering baru dinyalakan,
n ati2 di LCDnya, klo kena air bisa merembes ke bagian dalamnya, ntar di bagian dalam layar jadi muncul bercak2 air gitu, klo dah gitu bingung ngilanginnya, mau buka lcdnya, takutnya tambah rusak, dulu S75 saya pernah LCDnya seperti itu, saya coba buka untuk dibersihkan, malah jadi blank putih :((
Siemens ME75 Amazon Green

BenQ Siemens A31 Anthracite Edition ---> OFFLINE

Siemens S75 Piano Black Edition ---> KONSLET HELP ME BROTHERS :nohope


mail: joy[at]siemensxp.com
ym: naruto.reader
mig33: de_dessert
User avatar
Joy
Rada Gaul
 
Posts: 221
Joined: November 21st, 2009, 8:58 pm
Location: Ngayojokarto mboten nate cekap Asia

Re: TIPS : Cara Menyelamatkan Hape Yang Terendam AIR

Postby ilham » July 23rd, 2011, 8:10 pm

Intinya seperti itu.
Saya juga pernah rendam mainboard komputer pakai rinso skitar 1 jam, angkat lalu bilas sebersih2an, dan keringkan. Kayak baru lagi. :D Tapi batre CMOS dan chip BIOS saya angkat dulu. Sama aja kayak board HP asal ga ada batre internalnya juga (batre jam), cek dulu.
User avatar
ilham
Site Admin
 
Posts: 3036
Joined: December 29th, 2009, 1:22 am
Location: Tangerang


Return to Extreme Phone test

cron