Cara membuat Gluten (Daging Vegetarian)

Info tentang tempat makan fav, resep masakan, menu of the day

Cara membuat Gluten (Daging Vegetarian)

Postby Boowin » July 17th, 2011, 4:02 am

Gluten merupakan daging vegetarian buatan dari tepung sebagai pengganti daging yang sebenarnya. Banyak tersedia sekarang di toko-toko penjual bahan makanan vegetarian. Kita juga dapat membuatnya sendiri apabila malas membeli yang sudah jadi, cara membuatnya juga cukup sederhana.

Berikut sedikit teknik sederhana membuat gluten.
Bahan:
500 g tepung terigu berprotein tinggi
air secukupnya
50 ml minyak sayur
1 sdt garam

Cara membuat:
1. campurkan bahan bahan di atas sampai rata dalam sebuah baskom, buat adonan yg kalis dan agak keras.
Image
2. diamkan beberapa saat sampai adonan sedikit mengembang.
3. masukkan air ke dalam baskom dan uleni adonan(remas remas) sampai semua pati keluar dari adonan dan hanya tertinggal Glutennya saja.
4. bilas hingga air bilasan bening.
Image
[kiri Gluten yg sudah jadi, Kanan Adonan Gluten setengah jadi]
5. rebus atau kukus Gluten. setelah matang, Gluten siap di olah menjadi berbagai makanan(pengganti daging) sesuai dengan keinginan.

Selamat mencoba..... :D :D
My Phone: C25, M35, ME45, S45i, SL45, MT50,
M55, S55, SX1, M65, S65, CX70, CX75
User avatar
Boowin
Rada Gaul
 
Posts: 421
Joined: October 24th, 2010, 1:48 pm
Location: Solo The Capital of Batik

Re: Cara membuat Gluten (Daging Vegetarian)

Postby ilham » July 17th, 2011, 9:02 am

Ckckck... Mas Boowiiin... Mas Boowin... :-O
Diem2 pinter juga masak :roll:
Rasa dagingnya gmn tuh ya? Daging ayam atau sapi? :D
User avatar
ilham
Site Admin
 
Posts: 3035
Joined: December 29th, 2009, 1:22 am
Location: Tangerang

Re: Cara membuat Gluten (Daging Vegetarian)

Postby Boowin » July 18th, 2011, 9:01 am

gak ada rasanya mas, cuma kenyal mirip daging. untuk rasa tinggal gimana kita masaknya nanti....
hehehehe....
sudah biasa masak kok mas, malah d'rumah paling enak masakan saya dari pada buatan Ibu & kakak ipar.... :D :D
dulu sebenarnya pengen jadi chef tp biaya sekolah kuliner mahal gak kesampaian, trus malah kuliah komputer (gak nyambung sama keinginan) :D :D
mumpung sekarang jadi OP warnet & sering Online, kesempatan buat nyari nyari ilmu kuliner d'internet... :D :D
My Phone: C25, M35, ME45, S45i, SL45, MT50,
M55, S55, SX1, M65, S65, CX70, CX75
User avatar
Boowin
Rada Gaul
 
Posts: 421
Joined: October 24th, 2010, 1:48 pm
Location: Solo The Capital of Batik

Re: Cara membuat Gluten (Daging Vegetarian)

Postby adhyzip » July 18th, 2011, 9:46 am

wuihhh perlu nih dicoba....tergantung bumbunya nanti yak hehehe
--Nexi-Tube--SK6R--MA8730P--
do d'best u can!!!!

ym = a_adhy
08562611008-081382538915
User avatar
adhyzip
Rada Gaul
 
Posts: 721
Joined: November 17th, 2009, 8:53 am
Location: Pwkt-jkt

Re: Cara membuat Gluten (Daging Vegetarian)

Postby ilham » July 18th, 2011, 12:35 pm

Kapan2 emang kudu diajak gath mas Boowin ini :roll:
■M55 ■CT65@SL65(EP2.3 32bit+BM+SieJC) ■CX75(CPU208MHz,RAM5MB,EP2.3 32bit+BM+SieJC) ■M75
■MA-8720P ■MA-8730P ■HHS-550 ■IFL-600

Bersama Siemens®, dunia dalam genggaman! (Powered by ELFs) :)
Siemens-XP's WAPsite: http://siemensxp.com/wap
User avatar
ilham
Site Admin
 
Posts: 3035
Joined: December 29th, 2009, 1:22 am
Location: Tangerang

Re: Cara membuat Gluten (Daging Vegetarian)

Postby ilham » July 18th, 2011, 12:37 pm

Dipaksain ikut maksudna! :))
■M55 ■CT65@SL65(EP2.3 32bit+BM+SieJC) ■CX75(CPU208MHz,RAM5MB,EP2.3 32bit+BM+SieJC) ■M75
■MA-8720P ■MA-8730P ■HHS-550 ■IFL-600

Bersama Siemens®, dunia dalam genggaman! (Powered by ELFs) :)
Siemens-XP's WAPsite: http://siemensxp.com/wap
User avatar
ilham
Site Admin
 
Posts: 3035
Joined: December 29th, 2009, 1:22 am
Location: Tangerang

Re: Cara membuat Gluten (Daging Vegetarian)

Postby jaketmerah » July 18th, 2011, 11:32 pm

gathering berikutnya yang masak mas Boowin :)
HTC Snap + SL45 perawan
Informasi beasiswa dan software
User avatar
jaketmerah
Site Admin
 
Posts: 221
Joined: December 3rd, 2009, 5:48 pm

Re: Cara membuat Gluten (Daging Vegetarian)

Postby ilham » July 19th, 2011, 1:48 am

Di rumah mas Boowin aja x yah?
■M55 ■CT65@SL65(EP2.3 32bit+BM+SieJC) ■CX75(CPU208MHz,RAM5MB,EP2.3 32bit+BM+SieJC) ■M75
■MA-8720P ■MA-8730P ■HHS-550 ■IFL-600

Bersama Siemens®, dunia dalam genggaman! (Powered by ELFs) :)
Siemens-XP's WAPsite: http://siemensxp.com/wap
User avatar
ilham
Site Admin
 
Posts: 3035
Joined: December 29th, 2009, 1:22 am
Location: Tangerang

Re: Cara membuat Gluten (Daging Vegetarian)

Postby Boowin » July 19th, 2011, 8:46 am

@mas Adhy: iya mas, tinggal nanti mau d'buat rendang atau sate rasanya ngikut....
@mas Hardono & mas Ilham: boleh boleh aja, tp rumah saya kecil, maklum kita kan anak miskin.... :D :D :D
My Phone: C25, M35, ME45, S45i, SL45, MT50,
M55, S55, SX1, M65, S65, CX70, CX75
User avatar
Boowin
Rada Gaul
 
Posts: 421
Joined: October 24th, 2010, 1:48 pm
Location: Solo The Capital of Batik

Re: Cara membuat Gluten (Daging Vegetarian)

Postby ilham » July 19th, 2011, 11:54 am

Saya anak kontraktor juga rumahnya kecil :P
Paling 3x6m.
■M55 ■CT65@SL65(EP2.3 32bit+BM+SieJC) ■CX75(CPU208MHz,RAM5MB,EP2.3 32bit+BM+SieJC) ■M75
■MA-8720P ■MA-8730P ■HHS-550 ■IFL-600

Bersama Siemens®, dunia dalam genggaman! (Powered by ELFs) :)
Siemens-XP's WAPsite: http://siemensxp.com/wap
User avatar
ilham
Site Admin
 
Posts: 3035
Joined: December 29th, 2009, 1:22 am
Location: Tangerang

Next

Return to Kuliner

cron